Jelajah Selatan Korea

Hari-3
Tongyeong
Tongyeong bridge
tongyeongtongyeong
Tongyeong view
Pagi ini kembali dingin. Maaf, lupa foto sarapan pagi dan hotelnya. Tapi sarapannya seperti biasa sih, roti pake telur orak-arik, salad saus youghurt, salad labu kuning manis (gue kayanya mulai suka deh sama labu korea~). Nasi, soup kedelai korea (dwenjang guk), dan lauk lainnya ada juga (tapi gue mau netralin mulut dari makanan korea dulu).
On the way to Yeosu
Tujuan kita hari ini adalah Yeosu, sekitar 1,5 jam dari Tongyeong melalui jalur darat. Bisa lebih cepet kalo pake kapal. Yeosu berada di provinsi Jeolla, sementara Tongyeong berada di provinsi Gyeongsang. Menurut Eonni, kedua provinsi ini ga begitu akur karena jaman dahulu kala mereka berada di bawah kekuasaan dinasti yang berbeda. Terutama saat ada pertandingan baseball, tiket akan terjual dalam waktu yang sangat singkat! Selama perjalanan, gue sih tidur karena hari ini matahari bahagia banget cerahnya. Sesaat kemudian gue terbangun dan mendapati pemandangan layaknya daerah pinggiran, alam, hamparan sawah, perbukitan, ga lama kemudian, melalui jembatan di atas teluk. Yeosu terkenal sebagai area pabrik kimia, terutama minyak yang akan digunakan untuk di seluruh Korea.
Yeosu
Yeosu expo Complex
Tempat wisata utama di Yeosu adalah Yeosu Expo. Dalam satu kompleks ini terdapat berbagai macam gedung, seperti stasiun kereta yang membawa lo ke/dari Seoul. Ada juga Sky Tower yang memiliki café di atasnya, dimana lo bisa menikmati pemandangan 360 derajat area sekitar Yeosu Expo. Ada juga Yeosu Exhibition-nya sendiri yang luaaaassss dan gedeeeee. Tapi, saat itu sepi sih. Kata Max manager, tempat ini bakalan rame banget kalo sedang ada acara expo gitu. Kita masuk ke memorial hall, dan menikmati tontonan 4d mengenai lautan. Menurut gue, dari sisi gambar animasinya bagus banget, tapi bahasa korea sih, jadinya ga ngerti. Di memorial hall ini juga terdapat sejenis museum edukasi, dengan tema utama mengenai teknik kelautan.
YeosuYeosu
Yeosu Sky Tower - Yeosu Complex view from Sky Tower
yeosu sky tower
Inside the 20th floor of Yeosu Sky Tower Terrace Cafe

Yeosu Expo
Karena masih di tepi air, lagi-lagi menu makan siang kita adalah sup isi aneka hewan laut (Jeonbok Yachae Bulgogi). Ada abalone, udang, cumi, siput, daging sapi, toge, sayur hijau, dan mie. Semuanya diaduk menjadi satu di dalam satu wajan gede. Tapi berhubung gue udah pasang niat ga makan daging, jadinya gue ga nyicip itu abalon yang masih gerak-gerak di dalam hot pot. syediihh~ sebagai gantinya, makan siang gue spesial dipesenin bibimbab.
Korean FoodKorean food
Jeonbuk Yache Bulgogi - Bibimbab
Kita lanjut perjalanan ke sebuah pulau bernama Odongdo. Kalian bisa jalan kaki melalui jembatan untuk menyebrang ke pulau tersebut. Di Odongdo ini lumayan loh buat olahraga, hiking ringan nan santai gitu. Tapi anginnya makin ganaaaasss! Jangan lupa pake jaket yang hangat dan bisa menghalau angin ya guys. Mendaki pulau Odongdo ini, ada banyak pepohonan. Ga tau deh gue apa aja nama pohonnya. Yang gue inget ya barisan pohon bambu yang melengkung membentuk terowongan. Satu lagi info yg gue baca, katanya di sini lo bisa nemuin bunga kamelia pada musim dingin hingga musim semi. Sayangnya saat itu bunga kamelianya elum mekar. Setibanya di atas bukit, lo bisa nikmatin pemandangan laut yang indah~~~ gue sebagai orang yang jarang melakukan kegiatan hiking gini, seneng dan puas sama destinasi wisata ini. Setelah turun, kalo capek dan males jalan, kalian bisa naik kaya’ bus ato kereta khusus gitu. Lumayan loh istirahat..
Light hiking to see beautiful scenery at Odongdo island
Tujuan kami berikutnya adalah Hanhwa Aqua Planet. Ini mirip seaworld ancol. Mereka punya banyak akuarium berisikan hewan-hewan laut. Ada singa air, beluga, ubur-ubur (yang ini cantiiiikkk bueeeetttt). Ada juga akuarium terowongan yang berisi ikan-ikan kecil, keren loh, kaya’ berlian kelap-kelip di dalam air.
yeosu aquariumHanhwa aqua planet
Hanhwa aqua planetHanhwa aqua planet
Hanhwa aqua planetHanhwa aqua planet
Hanhw Aqua Planet
Malemnya, lagi-lagi kita makan aneka jenis ikan tumis, yang lagi-lagi pake sup kedelai (doenjang jigae) yang lama-lama bikin lidah gue terbiasa, ada telor puyuh juga, dan anea sayur lainnya.
korean food
Braised fish
yeosu
Yeosu bridge
(cerita selannjutnya

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord