Bebeb Berkelana di Korea



Part 7
Love locker with Seoul city background from Namsan Seoul Tower

Namsan

Di dalem taksi, kita juga sempet bingung gimana mau bilang ke ahjussi ini kalo kita tuh maunya ke tempat naek cable car namsan. Temen gue yang duduk depan pun sibuk nanya kita sedang dimana sambil nunjuk gps yang ada di taksi, trus juga nanya seberapa jauh lagi, soalnya argo sudah mendekati sepuluh ribu won. Sempet ragu sih ini mau lanjut taksi atau turun aja mintak anter ke stasiun subway terdekat. Tapi mungkin karena temen udah pada capek dan laper, dilanjutin aja taksinya. Untunglah ahjussi mengerti, dan menurunkan kita di dekat tempat naek namsan cable car dengan argo akhir 10,300 won.



Namsan Cable Car

Still can manage to take a wefie inside that crowded cable car.
Minggu sore itu, antrian lift menuju kaki bukit tempat stasiun cable car-nya cukup panjang. Jadi, stasiun cable car-nya tuh ga pas di level jalan raya, kita perlu naik lift diagonal yang jadinya kaya’ tram terjal. Tapi, beuh, kalo pintu lift nya kebuka, bau menyengat yang kita ga suka berhamburan keluar dari lift tersebut. Saat giliran kami masuk lift, ga tahan rasanya mual nyium itu bau busuk. Untungnya naik lift ini tidak lama, mungkin tidak sampai 1 menit.

Keluar lift, tibalah di pelataran stasiun. Masih, antriannya panjang banget. Kalo ga salah, dari tempat kami berdiri di awal antrian, waktu tunggunya adalah 60 menit atau 90 menit gitu lupa. Waduh. Lama. Mana masih nyium bau busuk itu. Ditunggu dengan sabar. Untungnya antrian tetap berjalan pelan, tidak perlu menunggu di satu titik dalam waktu lama. Ternyata yang kita antri diawal itu adalah, antri loket buat beli tiketnya aja. Waduh. Saat itu, kita memesan tiket pp seharga 8,500 won per-orangnya (kalo sekali jalan 6,000 won, nanggung kan). Selesai beli tiket, antri lagi buat naik cable car nya yang terletak di lantai 3. Dengan sabar menunggu, sambil ngobrol-ngobrol ngalon-ngidul sama temen lama, ga begitu berasa (apalagi kalo sambil ngatain orang. wkwkwk).
My view on the way go. Namsan, N Seoul tower, Cable car.

Seru deh naik cable car ini. Cukup tinggi sih, tapi untungnya gue berdiri deket jendela yang menghadap ke namsannya, jadi penglihatan  gue saat itu hanya fokus ke N Seoul tower dan sekitarnya aja, ga begitu sering ngelihat kebawah. Setelah sekitar kurang dari 5 menit, tibalah di pemberhentian cable car. Keluar cable car, wuiiiihhh... makin banyak aja manusianya, baik yang mau naik, ataupun yang mau turun.



N seoul Tower

 
Sore itu, matahari sedang berwarna jingga cerah, karena sudah mendekati waktunya untuk menghilang di ufuk barat. Tak jauh berjalan dari stasiun cable car tsb, tibalah kami di sejenis deck kayu yang banyak gemboknya. Walopun ini bukan main spot-nya n seoul tower, tetep aja banyak banget gembok cintanya. Sepanjang jalan menuju pelataran N seoul tower pun udah banyak gembok bergelantungan di sisi jalan/jembatan.

Di pelataran N seoul tower, dimana kita bisa melihat N seoul tower menjulang tinggi tanpa terhalang oleh pohon. Banyak banget orangnya di sini. gue sempet bingung kalo kebanyakan orang gini. Trus setelah puas foto-foto, kita naik ke deck di kaki tower nya. Dari deck ini, kita bisa ngelihat pemandangan kota Seoul. Yah, kalo mau puas sih, kalian naik ke observatory decknya, tapi bayar. Karena kita kere, jadi yang gratisan ajalah. Lagian juga kata temen yang pernah naik ke atas situ, ga terlalu enak ngelihat dari tempat yang tinggi, dan ga kelihatan gembok cintanya. Bener banget, di tepi deck sini, bbbuuuuaaaannnyyyaaaakkkkk banget gembok yang bergelantungan, bahkan ada yang udah sampe karatan. Tadinya gue mau ke bagian selatan deck, tapi, ga tahan sama aroma ga enak (busuk) itu loh. Saat gue mau menerobos gerombolan orang, kerasa mual lagi. Jadi, nyerah deh, tetep di sisi barat deck aja, sambil nolongin temen yang foto-foto kertas ucapan/message untuk temen-temen di tanah air. Ini kertasnya banyak banget lagi. Sampe kita lesehan bodo amat dilihatin orang laen. Saat hari sudah mulai gelap, ga kehabisan akal buat nerangin kertas ucapan ini, kita senter coooyyy pake power bank dan hape jadul. Kata temen gue, orang yang ngelihatin tingkah kita pada ketawa. Ahahaha....



Setelah semua kertas difoto, kitapun say goodbye sama N seoul Tower. Balik ke stasiun cable car, untung antriannya ga seheboh pas naik tadi. Kira-kira ㅊuma nunggu 1 kloter doang. Gue berdiri lagi-lagi dipinggir, kali ini menghadap pemandangan kota. Karena gelap, ga begitu tau setinggi apa, tapi bisa ngelihat kelap-kelip lampu gedung-gedung, cantik bangeeeetttt!. Naik lift turunnya juga ga rame, ga perlu antri, asyik.
Soul City View
N seoul tower at night
My view in cable car on the way back. flickering light of Seoul city

Myeongdong

Setelah keluar lift dari cable car, kita lanjut jalan ke bawah, ke keramaian kota. Tujuan kita adalah Myeongdong. Tapi gue agak ragu lokasi kita saat itu kalo di peta di sebelah mana. Sempet nanya ke temen yang pernah ke myeongdong, dulu dia gimana apa patokan myeongdong nya. Setelah lihat-lihat lagi, akhirnya gue tahu dimana posisi kita saat itu. Tapi, berikutnya, myeongdong itu kan gede, nah spot buat belanja nya itu mau yang di sebelah mana, kagak tau. Sempet berdebat sama temen harus ke arah mana. Temen nunjuk ke arah yang udah kelihatan rame. Tapi kalo lihat di peta, keramaian itu mengarah ke Namdaemun. Kan tujuannya mau ke Myeongdong? Jadi gue sedikit maksa ke temen-temen gue yang lain buat percaya ke gue, buat jalan ke arah yang bukan ditunjukin temen tadi. Setelah berjalan sekitar 100 meter, tibalah di keramaian. “This is it, Myeongdong!”

Keramaian myeongdong terlihat dari banyaknya papan merek toko yang berjejer di pinggir jalan. Yang paling banyak gue lihat sih ya toko-toko kosmetik. Namun keantusiasan kita untuk belanja malam itu tertahan sejenak karena perut yang lapar. Cukup bingung mencari tempat makan yang halal. Banyak sih pelayan tempat makan yang memanggil-manggil kami, bahkan sampe ada yang bilang "no pork". Ditengah kebingungan dan kelaparan, akhirnya kami memutuskan untuk makan di pizza hut aja.




Pizza Hut

Setelah masuk ke dalam tempat makan yang terletak di lantai atas, sayangnya tidak ada kursi kosong malam itu. Yah apa boleh buat, karena sudah lapar dan ga tau harus nyari tempat makan dimana lagi, kita memutuskan untuk waiting list aja gapapa. Sambil nunggu, lihat-lihat menu. Eh malah dikasih menu bahasa korea. Pelayannya sibuk banget lagi. Tak lama, kita melihat ada seorang muslimah melayu yang ngobrol sama pelayan pake bahasa korea. Kita pun menghampiri akhwat asal malaysia ini untuk meminta advise nya mengenai menu yang aman untuk dimakan oleh muslim. Intinya sih, dia nyaranin buat ambil yang seafood saja. Tak lama, kamipun akhirnya dapat meja dan tempat duduk. Begitu duduk, eh kita dikasih menu inggris. Namja pelayannya juga 멋진헤. Haha... Salah fokus. Namun sayang, pizza seafood sedang habis. Kitapun minta saran namja ini. Entah apa nama menu yang akhirnya kita pilih, namja ini bilang sih no pork. "뒈지고기 안돼요" kataku, "" katanya sambil senyum.

Setelah menunggu beberapa menit, tibalah pesanana kami. Yang bikin seru ini pizza adalah ada kaya' mashed sweet potato gitu di deket ujung rotinya. Enaaakkk... Maniiisss... Pantes aja Seohyun suka 고구마. Terus juga dapet kaya' pickle radish gitu. Rasanya kaya' balsem, tapi masih bisa dimakan sih. Ini nih susahnya kalo di luar negeri, ga ada sambel. Dengan susah payah kita minta namja cakep tadi namun ia sibuk. khirnya dapet tobasco dan parmesan cheese. Tapi, tobasco rasanya tambah parah. Mending gue makan pizza pake pickle radish aja buat menggugah lidah. Karena perut lapar, tak susah untuk menghabiskan satu loyang pan pizza ukuran large tersebut. Tapi oh tapi, harganya MAHAL. Kita habis sekitar 40,000 won untuk satu loyang pan pizza ukuran besar dan 4 gelas cola. Jadi satu orangnya urunan 10,000 won.
Pizza hut for our dinner.

Etude House

Kenyang makan, kita lanjut menjelajah Myeongdong. Apalagi kalo bukan keluar masuk toko kosmetik. Hampir semua merek toko, mulai dari face shop, nature republic, tony moly, innisfree, sampe etude, labuhan terakhir kita karena kita udah mulai bingung mau beli di toko yg mana yang harganya paling pas di kantong (baca: murah). Gue berasa kaya' cewe banget malem itu, lihat-lihat dan nyoba-nyoba berbagai alat kosmetik. Paling lama pas mau beli yang buat bibir, liptint apa tintbalm, galau. Ini karena kemaren nyobain liptint temen yang warnanya asyik banget ga mudah luntur. Tapi kok gue malah tertarik buat beli tintbalm karena belakangan ini kulit bibir gue suka ngelupas. Akhirnya yaudah beli tintbalm aja, untuk perawatan kecantikan. Halah. Saat gue milih-milih warna, temen gue menghampiri, trus gue minta saran warna yang bagus yang mana. Dia menyarankan warna #06 PK003 grapefruit tea. Yaudah, dimasukkanlah tint sugar balm #06 PK003 tsb ke dalam keranjang imut yang ditenteng sedari tadi. (tapi akhirnya gue agak kecewa sih sama warnanya karena pas dipake di bibir gue malah warna bibir gue jadi turun, kaya' pucet gitu. -_-). Kemudian kita menghampiri rak eyebrow. Eh jadi keinget gue emang pengen beli eyebrow. Gue punya sih eyebrow murahan beli di pasar, tapi warnanya item, bikin alis tebel gue jadi kaya’ shinchan. Tanpa pikir panjang, langsung dimasukin Drawing Eyebrow warna cokelat tua seharga 2,500 won ke dalam keranjang menemani tintbalm tadi. Lanjut gue mau beli eyeliner karena eyeliner gue abis. Tadinya mau beli yang liquid aja, jenis yang biasa gue pake karena kuasnya tipis bikin enak dibentuk. Eh, temen gue malah nyaranin beli yang pensil aja. Sempet ragu sih krn gue takut klo pke yg pensil ga bisa rapih. Tp karena gue pikir 'apa salahnya dicoba', yaudah kehasut lagi beli Styling Eyeliner warna hitam seharga 2,000 won. Trus inget mau beli maskara karena maskara gue udah kering. Tapi harga maskaranya lumayan mahal. Karena bakalan jarang dipake, ambil yang murah aja, 7,600 won, ga waterproof, Oh! M’ Eye Lash yang volume, karena bulu mata gue udah panjang. Trus ngeliat temen sedang milih-milih lip liner. Katanya sih ini bisa bantu kita pake lipstick jadi lebih rapih. Karena murah, cuma 1,600 won, ikutan beli juga Soft Touch Auto Lipliner no.5 natural berry. Loh kok saya jadi banyak beli gini?! Berikutnya, beli masker. Sempet bingung mau beli yang gimana. Baca keterangan pake bahasa inggris, tetep juga ga familiar dengan kata yang digunakan. Trus temen bilang, "yang collagen aja, katanya itu yang populer". Yaudah, ambil 1 pack (isi 10) seharga 7,600 won. Ngerasa udah beli banyak dan ngitung-ngitung udah banyak juga duit yang harus dikeluarain, nyamperin temen satu lagi. Dia sedang milih-milih handcream. Ternyata lagi ada promo beli 1 gratis 1. Jadi 6,000 won dapet 2 biji. Yaudah beli juga Oh happy day Hand bouquet Rich Sugar hand cream buat oleh-oleh adek cewe-cewe gue di palembang. (Wanginya enak lho, lumayan tahan lama walau gue pake cuma sedikit).

Tak terasa, tinggal kami saja pelanggan yang tersisa di dalam toko tersebut. Ebuset. Padahal tadi rameeeee banget. Ternyata sekarang udah jam 22:30. Lalu kita putuskan buat bayar nih kosmetik yang terpilih. Saat itu, kita nyobain voucher Korea Grand Sale. Karena belanjaan kita bertiga lebih dari 50,000 won (tidak termasuk barang-barang yang promo dan eyebrow) kita dapet diskon 20%. Harga-harga yang gue cantumkan diatas sudah termasuk diskon ini. Namun sayangnya, karena kita pake voucher diskon, mereka ga kasih sample. Hiks.



Keluar Etude, eh temen gue masih nyari-nyari kosmetik titipan yang belum sempet kebeli. Malah temen yang satu lagi beli kutek. Duh. Karena sudah mendekati jam 11 malam, kami memutuskan untuk lanjut jalan-jalan di myeongdong ini aja, nanti pulangnya pake taksi, ga usah naek subway. Lanjut jalan-jalan, tadinya mau beli sejenis cape gitu. Tapi yang bagusan harganya 20,000 won. Ah mahal ah, ahjumma dan ahjussinya ga mau ditawar. Yaudah jalan-jalan lagi aja. Kalo ngelihat ada toko yang masang harga dibawah 10,000 won, langsung kita masuk dan lihat-lihat. Gue beli sejenis baju dingin panjang gitu warna merah maroon seharga 12,000 won. Makin lama, keramaian Myeogndong mulai menghilang. Eh tapi kita masih sempet masuk satu toko lagi  yang masih buka. Gue beli kaya’ kemeja panjang warna cokelat kulit, cuma 9,900 won aja. Murah kan? Tapi kebanyakan baju yang dijual adalah baju koleksi perisapan musim dinign. Modelnya sih biasa aja, simple, tapi gue suka, karena kelihatannya nyantai.

Karena semakin lama semakin sepi, toko-toko pada tutup, pedagang kaki lima sudah mulai mendorong gerobaknya yang sudah diberesin, akhirnya kita putuskan untuk pulang. Nyetop taksi di pinggir jalan. Dan kemudian gue nyadar, ternyata di sini toh mainstreetnya myeongdong night market. Oalaaahhh... Argo taxi dari myeongdong ke hostel (seoul station) adalah 4,300 won. Tapi sempet agak bete sama supirnya yang, ga begitu ramah. Waktu di tengah jalan, gue sempet nanya (mau ngajak ngobrol maksudnya) pintu gede yang di depan itu (sambil nunjuk ke depan) pintu apa (pake bahasa korea gue yang seadanya), dengan judesnya dia cuma jawab Deoksugung. Jadi males deh. Temen gue yang duduk depan malah disemprotnya, waktu ngasih tau buat belok kanan di depan sana nanti. Eh, itu mamang malah ngomel-ngomel dengan nada tinggi pake bahasa korea (kaya’ bilang “iya gue tau, ga liat apa lo di depan sedang ada orang nyebrang”). Langsung lah temen gue bete dan bales nggomel-ngomel pake bahasa kerajaan. Aduh, ga banget deh pokonya itu taksi.


Tapi, ke-bete-an kita malam itu ditutup dengan beres-beres belanjaan sekaligus packing sambil cerita-cerita cekikikan sampe jam 2 malam, happy lah pokoknya. Udah lama ga ngamar sama temen-temen seumuran gini. Bring back those memories 10 years ago. 사랑해 칭구들~ 

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord